Senin, 16 Maret 2015

Pulau Gili Nanggu, Nusa Tenggara Barat


Lombok memiliki banyak pantai menawan siap memikat hati para pelancong, sebut saja Gili Trawangan, Pantai Kuta ataupun Pantai Tanjung Aan. Semuanya sudah menyerap perhatian wisatawan dan bukan tidak mungkin Anda pun bisa menikmati pantai indah di Lombok termasuk yang tersembunyi nan sepi seakan-akan milik sendiri. Gili Nanggu adalah salah satunya yang mampu mewujudkan itu. Dibungkus oleh keelokan alam yang sanggup memanjakan pecinta wisata bahari, Gili Nanggu sanggup menawarkan kedamaian untuk Anda. Bahkan banyak wisatawan asing menyebutnya dengan "The Paradise Island". Ini merupakan pulau seluas 12,5 ha yang terletak di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Di tengah-tengah pantai berpasir putih dan berombak tenang, Anda dijamin dapat bersantai tanpa adanya pedagang atau pengunjung lain. 


Gili Nanggu berupa pulau pribadi yang hanya dihuni manajemen dan staf resor. Hanya beberapa meter dari bibir pantai, Anda dapat melihat langsung ikan warna-warni menari-nari di dasar laut dangkal. Nyanyian suara burung menemani Anda merangkul Matahari terbit dan terbenam, menciptakan suasana romantis yang sulit ditemukan di pulau lain. Gili Nanggu cocok bagi pasangan yang sedang menikmati bulan madu mereka. Sejak 1995 pulau ini terus berkontribusi dalam kegiatan konservasi alam melalui Gili Nanggu Sea Turtle Conservation Program. Selama 11 tahun terakhir, program tersebut berhasil menetaskan 4.500 penyu. Programnya sangat praktis yaitu melindungi telur penyu dari pemasaran bebas dengan cara membelinya dari nelayan. Telur yang dibeli diinkubasi di bawah pasir selama 30-35 hari, setelah menetas dilepas ke laut bebas.


AKOMODASI
Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu berlama-lama di Gili Nanggu, hanya ada satu akomodasi yang terdapat di sini yaitu Gili Nanggu Cottages and Bungalow. Resor ini memiliki bermacam fasilitas seperti lapangan bola voli pantai, lapangan basket, trek jogging dan fasilitasoutbound.


TRANSPORTASI
Gili Nanggu dapat dicapai dengan dua cara, yakni melalui Pelabuhan Lembar dan Sekotong Barat. Jika sudah mendarat di Bandara Internasional Lombok, Anda cukup menaiki bus Damri dengan jurusan Senggigi betarif Rp30 ribu atau dengan taksi Rp170rb-200rb. Dari Senggigi, silahkan melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Lembar, Anda bisa menaiki bus L300. Wisatawan yang berasal dari Bali pun dengan mudah mampu mencapai Pelabuhan Lembar menggunakan kapal ferry dari Padang Bai. Setibanya di Lembar, terdapatspeedboat yang maksimal mampu menampung 5 orang, tarifnya sekira Rp350 ribu dan memiliki waktu tempuh 30 menit. Akan lebih dekat jika Anda meraihnya dari Pelabuhan Tawun, Sekotong Barat. Ada perahu-perahu yang bisa disewa dengan kisaran tarif Rp250 ribu. Waktu tempuh dari Bandara Internasional Lombok ke Pelabuhan Tawun kira-kira 1,5 hingga 2 jam. Anda disarankan menggunakan operator tur jika memilih rute ini, adapun yang bisa Anda hubungi adalah ATB Tour and Travel (0812-93736688), atau A&T Holidays (0370-640107).


KEGIATAN
Anda bisa mengarungi perairan Gili Nanggu melalui dua titik snorkeling yang terdapat di sekitar pulau, yaitu di sisi timur tempat berbagai ikan hias indah berkumpul, juga di sisi selatan yang menaungi kerumunan terumbu karang nan cantik. Terdapat ikan nemo, ikan napoleon dan penyu yang akan menemani kegiatansnorkeling Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar