Minggu, 22 Maret 2015

Pantai Mananga Aba, Nusa Tenggara Timur


Dari ujung bagian kiri pantai ini dapat Anda lihat Matahari bergegas ke peraduannya lalu keesokan harinya di sebelah kanan kembali muncul menghangatkan pasir dan air lautnya yang biru kehijauan. Sungguh istimewa pantai yang ini karena menyajikan pemandangan terbit dan terbenamnya Matahari di satu garis pantai yang sama. Bagusnya lagi,pantai berpasir putih ini masih asri dan belum banyak dibangun pemukiman atau fasilitas wisata sehingga kesan sebagai sebuah pantai yang tersembunyi masih layak melekat. Pantai Kita namanya memang beda satu huruf dengan Pantai Kuta di Bali namun ada persamaan terdekatnya adalah kawasan terbaik di pantai ini dimiliki seorang pengusaha pariwisata asal Pulau Dewata. Bagi orang lokal, Pantai Kita dinamai Pantai Mananga Aba dan bagi mereka sulit mengubahnya karena ikatan sejarah dari leluhur.


KEGIATAN
Apa yang tersaji di Pantai Mananga Aba adalah memiliki warna langit dan air laut yang cukup mencolok gradasinya. Langit di atasnya pun lebih sering terlihat cerah dengan geombang ombak yang cukup tenang. Pantai ini menyuguhkan keindahan alam Sumba yang lebih dari cukup untuk membuai Anda.Ketika hari libur pantai ini kerap banyak dikunjungi warga sekitar dari pagi hingga sorenya. Mereka biasa bermain pasir, sekadar berjalan di pesisirnya atau berenang di pinggir pantai. Anda dapat bermain kano atau berperahu di pantai ini. Manfaatkan pula perahu nelayan bila Anda berminat untuk pergi memancing. Sepulang dari berburu ikan langsung saja mengolah ikan tersebut bersama nelayan setempat dimana itu akan menjadi pengalaman yang mengasyikkan.


AKOMODASI
Di depan Pantai Kita ada satu hotel berdiri megah yang dimiliki oleh pengusaha asal Bali. Hotel Pantai Kita (namanya) menyediakan banyak kamar dengan layanan layaknya hotel berbintang. Harga per malamnya antara Rp400.000,- Rp1.000.000,-. Pihak hotel menyediakan jemputan dari dan ke bandara. Untuk makan harian pun pihak hotel dapat menyediakan sesuai pesanan tamu.


TIPS
Apabila Anda berniat berenang maka pilih sisi dengan gelombang paling tenang. Itu karena ombak yang besar dengan sudut pantai yang agak curam bisa saja membahayakan. Jangan membuang sampah sembarangan di pantai ini meski di beberapa sudut pesisir bertebaran sampah organik berupa ranting-ranting pepohonan. Adalah bijak apabila Anda membawa pulang bungkus makanan atau botol minuman yang dibawa saat menyambangi pantai berpasir putih ini.


TRANSPORTASI
Pantai Kita lokasinya tidak begitu jauh dari Bandara Tambolaka, yaitu sekira 30 menit perjalanan. Separuh jalanan ke arah pantai ini tidak diaspal sama sekali meski masih cukup layak dilewati kendaraan. Anda dapat memanfaatkan kendaraan sewa dari bandara untuk langsung diantar ke Pantai Kita dan memang tidak banyak pilihan kendaraan umum di Sumba kecuali menyewanya di bandara.


KULINER
Pilihan kuliner terbaik di kawan ini adalah nasi goreng, olahan ayam dan telur, serta makanan dari warung nasi umumnya. Meski demikian, sajian dan kelezatannya tidak kalah seperti di banyak tujuan pulau di Nusa Tenggara Timur lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar