Rabu, 18 Maret 2015

Pantai Senggigi, Nusa Tenggara Barat


Senggigi sudah tersohor sebagai salah satu tujuan wisata utama di Pulau Lombok. Daerahnyaberupa kota dengan wilayah yang menghadap langsung ke pantai nan indah. Secara administratif, Senggigi berada di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pusat keramaian Pulau Lombok terletak di sini, dengan mudah Anda bisa menjumpai resor, hotel melati, restoran, operator tur, spa, toko cenderamata, pusat hiburan dan masih banyak lagi lainnya. Inilah yang membuat Senggigi layak dikunjungi wisatwandemi sekadar berenang atau bersantai di tepi pantai. Senggigi sekaligus merupakan pintu transit bagi Anda yang ingin menjumpai tiga Pulau Gili yang cantik, yaitu: Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Warna lautnya memang tidak sejernih Pantai Kuta Lombok, pasirnya pun tak seputih pasir yang akan ditemukan di Gili Trawangan. 


Akan tetapi, lansekap Matahari terbenam di sini akan menghadiahkan Anda siluet Gunung Agung di Pulau Bali. Kontur pantainya terbilang landai dengan ombak menyapu pesisirnya dengan lembut sehingga aman untuk anak-anak bermain di pinggiran pantai. Garis Pantai Senggigi mencapai 30 kilometer. Apabila Anda punya banyak waktu untuk menyusurinya, bertanyalah kepada warga setempat untuk diarahkan ke Pura Batu Bolong. Pura ini begitu unik karena dibangun di atas karang yang terletak di pinggir pantai. Menurut legenda setempat, dahulu pura ini sering dijadikan tempat tumbal perempuan yang akan diserahkan sebagai makanan ikan hiu. Ada juga yang bercerita bahwa pura sering dijadikan tempat para wanita yang patah hati menerjunkan dirinya ke laut. Tidak jauh dari Batu Bolong terdapat Batu Layar yang merupakan makam seorang ulama. Ini merupakan tempat suci bagi para penganut Wetu Telu. Batu Layar ramai dikunjungi saat Lebaran Topat, yakni lebaran bagi orang yang menjalani puasa sunah satu minggu setelah Hari Raya Idul Fitri.


TIPS
Rencanakan perjalanan Anda ke Senggigi saat bulan purnama. Sebab, Anda akan menemukan keramaian di Pantai Senggigi karena wisatawan berkumpuldi atas pasir untuk menghangatkan tubuh mereka. Banyak yang percaya bahwa pasir di kala itu dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti pegel linu hingga kelumpuhan.


BERBELANJA
Lombok adalah surganya mutiara. Anda akan dihadapkan banyak pilihan mutiara yang dirangkai cantik menjadi perhiasan berupa gelang, anting-anting, dan kalung. Ada juga yang menjual mutiara butiran sehingga Anda bisa menyusunnya sendiri menjadi perhiasan yang diinginkan. Selain itu, rugi bila  tidak membawa pulang kain tenun khas Lombok yang memiliki motif dan warna-warna menarik. Sempatkanlah diri mengunjungi Pasar Seni Senggigi untuk membeli ragam produk gerabah, pernak-pernik lilin hingga kendi-kendi dari tanah liat. Gerabah Lombok mempunyai ciri khas berwarna coklat dan hitam, biasanya dijual dengan aksen anyaman rumput atau rotan.


KEGIATAN
Menghabiskan senja di bibir pantai Senggigi akan semakin menyenangkan sambil menyerupt es kelapa ataupun memesan jagung bakar di warung-warung pinggir pantai. Terdapat juga lapangan voli dan bangku-bangku yang bisa Anda nikmati. Jika ingin mendapat panorama yang lebih menakjubkan, Anda bisa menyewa cidomo untuk melihat Pantai Senggigi dari ketinggian. Saat malam hari tentunya lebih indah berhias lampu-lampu gemerlapan.


KULINER
Sajian menu timur hingga barat sudah tersedia di sepanjang Pantai Senggigi. Harganya bervariasi mulai dari Rp30 ribu hingga Rp300 ribu untuk pengalaman bersantap per orang. Jangan lewatkan hidangan khas Lombok yaitu ayam taliwang dan plecing kangkung. Di waktu-waktu tertentu, restoran dimeriahkan dengan pertunjukan tari yang diiringi musik-musik tradisional.


TRANSPORTASI
Karena pariwisata di Senggigi sudah digalangkan sejak 1980 dan kini berkembang pesat, akses untuk meraihnya pun sangat mudah. Apabila bertolak dari Bali, Anda cukup menaiki kapal feri dari Pelabuhan Karangasem dengan waktu tempuh 30 menit. Selain dari Pelabuhan Karangasem, Anda juga dapat berangkat dari Pelabuhan Padang Bay di Bali menggunakan kapal feri menuju Pelabuhan Lembar di Pulau Lombok. Bandara Internasional Lombok di Praya menghubungkan Lombok dengan Kota Jakarta, Bali, Surabaya, Yogyakarta, bahkan Perth (Australia), Johor Baru (Malaysia) dan Singapura. Dari bandara sudah tersedia Bus Damri dengan jurusan ke Senggigi, tarifnya Rp30 ribu dan memakan waktu sekira 1 jam. Jika Anda memilih taksi maka rentan tarifnya berkisar dari Rp170-200 ribu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar