Selasa, 28 April 2015

Pantai Pangandaran, Jawa Barat


Pangandaran adalah salah satu destinasi wisata di Jawa Barat yang paling menarik perhatian wisatawan domestik dan mancanegara. Terletak di semenanjung pantai selatan Jawa Barat sekitar 91 km dari Ciamis, Pangandaran menawarkan pasir pantai hitam dan putih, ombak yang tenang dan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler. Resor ini menghadap ke Samudera Hindia, berjarak 223 Km dari Bandung dan 400 km dari Jakarta, dan terletak di pertengahan antara Bandung dan Yogyakarta. Semenanjung cantik ini dulu hanya dikenal sebagai kota nelayan kecil, dimana nelayan pergi di pagi hari dan kembali pada sore hari dengan membawa ikan. Ketika nelayan tiba, semua penduduk setempat akan membantu mereka membawa ikan ke pantai. Kegiatan ini masih dapat dilihat sampai hari ini, Anda juga dapat berpartisipasi dan merasakan sensasi menarik jaring ikan yang berat ke pantai. Pantai Pananjung, terletak di bagian barat semenanjung, adalah tempat yang ideal untuk wisata keluarga. Di sini, ombaknya relatif tenang, sehingga Anda dan keluarga bisa berenang. Anda juga dapat berjemur di bawah sinar matahari atau hanya sekedar menikmati panorama mempesona. Di sekitar pantai merupakan bukit hutan yang juga merupakan cagar alam.


Hutan ini adalah tempat tinggal bagi banyak monyet, rusa, kerbau dan hewan eksotis lainnya. Ada juga sejumlah gua-gua alami dan gua buatan manusia, beberapa dibangun oleh Jepang selama Perang Dunia Kedua sebagai bunker pertahanan. Di puncak bukit terdapat air terjun yang indah di mana airnya langsung mengalir ke laut. Untuk mencapai lokasi air terjun ini, Anda harus berjalan kaki, tapi jangan khawatir, sepanjang jalan Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang mengagumkan. Pantai Timur adalah surga bagi penggila Makanan Laut. Di sini, Anda dapat mencoba olahan laut di banyak restoran dan warung makanan yang menawarkan ikan segar, cumi-cumi, kepiting, udang dan lain-lain, yang ditampilkan di etalase restoran mereka. Di bagian selatan terdapat pasar ikan segar di mana Anda dapat membeli ikan segar langsung dari nelayan. Pantai Timur merupakan tempat untuk Jet Ski dan Banana Boat yang tentu saja merupakan cara terbaik untuk melepaskan stress dan menyegarkan suasana hati Anda.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi beberapa link dibawah ini :
http://www.ngarumatpangandaran.org/
http://www.mypangandaran.com/
http://www.pangandaran.org/


TRANSPORTASI
Dari Jakarta
Melalui udara, Susi Air menyediakan jadwal penerbangan dari Jakarta ke Pangandaran. Ini adalah cara tercepat dan paling nyaman untuk sampai ke  Pangandaran. Ada penerbangan harian dari Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta ke Bandara Nusawiru di Pangandaran. Anda dapat melihat harga dan informasi pemesanan di jadwal Susi Air (PDF). Bus, Cara yang umum untuk mencapai Pangandaran adalah dengan bis. Bus berangkat hampir setiap jam dari stasiun bus Kampung Rambutan ke Pangandaran. Tapi tidak semua bus langsung ke Pangandaran. Beberapa bus ke Ciamis, Tasikmalaya atau Banjar. Perjalanan dengan bus sekitar 7 jam dengan biaya sekitar Rp.60.000,00 tanpa AC dan sekitar Rp.80.000,00 dengan AC. Biaya tergantung pada perusahaan bus. Menyewa mobil, Menyewa  mobil sekaligus dengan supir juga memungkinkan di Jakarta yang akan memakan biaya sekitar Rp 1.300.000,00.

Dari  Bandung
Melalui udara , Susi Air juga melayani penerbangan dari Bandung ke Pangandaran. Ada penerbangan harian dari bandara Husein Sastranegara. Anda dapat melihat harga dan informasi pemesanan di jadwal Susi Air (PDF). Bus, Dengan bus Anda dapat mencapai Pangandaran dari terminal bus Cicaheum. Beberapa bus langsung ke Pangandaran, sementara yang lain hanya ke Ciamis atau Banjar. Dari stasiun bus ini Anda mungkin harus mengambil transportasi lain yang menuju Pangandaran.

KULINER
Anda mencicipi olahan laut yang diracik dengan bumbu spesial ditemani es kelapa muda sambil menikmati ombak yang menghantam karang di pinggir pantai.


KEGIATAN
Pananjung, Pantai Pananjung merupakan pantai tenang berpasir hitam yang cocok untuk wisata keluarga seperti berenang, surfboarding atau sekedar bermain-main pasir. Tersedia juga kapal yang dapat membawa Anda ke taman laut dan Anda bisa snorkeling di sana. Perahu ini juga dapat membawa Anda ke tempat memancing, di mana Anda dapat menghabiskan waktu dengan memancing.
Cagar Alam Pananjung, Anda dapat menjelajahi keindahan kehidupan alam dengan berjalan di sekitar cagar alam ini ditamani dengan monyet yang akan menyapa Anda di setiap sudut. Anda juga bisa mengunjungi beberapa gua dan mengagumi panorama pantai yang memesona. Untuk petualangan yang lebih seru, Anda bisa berjalan kaki ke ladang tempat kerbau merumput dan ke air terjun. Dalam perjalanan ke atas bukit, Anda akan menemukan sebuah danau jernih dengan air pegunungan segar yang akan menggoda Anda untuk melompat kedalamnya.
Pantai Timur, Pantai Timur adalah tempat yang menyenangkan untuk olahraga air ekstrem. Di sini Anda dapat menyewa Jet Ski dan Banana Boat dan olahraga air lainnya. Pantai Timur juga pusat makanan laut di Pangandaran. Anda bisa membeli dan menikmati olahan laut seperti ikan, kepiting, udang  lain-lain.


BERKELILING
Cara terbaik untuk berkeliling di sekitar Pangandaran adalah dengan berjalan kaki, karena jalan-jalan di atas pasir pantai menawarkan sensasi tersendiri. Anda juga bisa menggunakan sepeda. Ada banyak layanan penyewaan sepeda yang menawarkan berbagai macam sepeda, dari sepeda biasa seperti BMX atau sepeda standar yang bisa dinaiki dua orang. Jika Anda merasa sedikit lelah setelah lama berjalan-jalan, gunakan "becak" yang dapat membawa Anda kembali ke Hotel atau tempat lain.

BERBELANJA
Ada banyak toko-toko suvenir di dekat pantai yang menjual t-shirt, celana pendek, Topi dan semua jenis pakaian renang. Mereka juga menyediakan berbagai kerajinan laut, seperti gelang dan kalung yang terbuat dari kerang laut, miniatur papan surfingdan semua jenis suvenir yang unik. Ada juga toko-toko yang menjual ikan asin seperti "Jambal Roti" ikan asin yang terkenal dari Pangandaran.


TIPS
Berenang hanya di daerah yang disarankan, Beberapa lokasi tidak cocok untuk berenang. Di akhir pekan atau musim liburan, hotel dan akomodasi lainnya biasanya penuh dipesan, jadi Anda lebih baik mengatur reservasi hotel jauh-jauh hari sebelumnya.

AKOMODASI
Ada banyak hotel dan penginapan baik yang berkelas sampai yang cocok dengan anggaran Anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar