Senin, 20 April 2015

Pantai Bolihutuo, Gorontalo

  
Ketika Anda berkunjung ke Gorontalo, sisihkan waktu untuk meluncur ke arah barat kota ini menuju salah satu pantai dengan pemandangan indah. Pantai Bolihutuo namanya, terletak di Kabupaten Boalemo berjarak sekitar 120 km dari kotaGorontalo. Pantai Bolihutuo yang juga dikenal dengan nama Pantai Boalemo Indah merupakan pantai yang sudah terkenal keindahannya oleh kalangan wisatawan. Pantai ini memiliki pemadangan memesona dan menjadi salah satu destinasi andalan pemerintah Kabupaten Boalemo. Selama perjalanan menuju pantai ini, Anda akan melewati pemandangan alam hijau ditemani sejuknya udara serta lembah perbukitan. Ada pepohonan kelapa berjajar di antara perbukitan hijau sehingga menjadikannya pantai yang cocok untuk mengobati rasa letih dan jemunya hiruk pikuk perkotaan yang menyita energi. Keindahan Pantai Bolihutuo, ibarat mutiara yang terhampar di pesisir Teluk Tomini. Gulungan ombak yang lambat laun menyentuh bibir pantai menambah elok suasana alamnya. Hamparan pasir putih yang menyelimuti kawasan Pantai Bolihutuo dihiasi rindangnya puluhan pohon pinusyang menjulang tinggi. Airnya yang berwarna biru menambah eksotis pantai ini. Pantai Bolihutuo Indah adalah salah satu alternatif pilihan yang pas dikunjungi pada akhir pekan.


BERBELANJA
Di sepanjang jalan menuju pantai ini, Anda bisa berhenti di beberapa tempat untuk membeli oleh-oleh seperti pisang yang berukuran besar, makanan khas Gorontalo seperti ilabulo (daging, lemak serta kulit ayam yang dimasak dengan pati sagu),binte biluhuta (sup jagung yang lezat), serta dodol khas Gorontalo.


KEGIATAN
Selain bersantai dan berwisata bahari di Pantai Bolihutuo, Anda patut melancong ke Desa Lamu, Kecamatan Tilamatu, yaitu sebuah tempat dimana gugusan pulau berpasir putih berdiam di tengah laut. Kabarnya kawasan ini akan dikembangkan menjadi destinasi wisata untuk turis mancanegara. Pulau lainnya yang patut dikunjungi adalah Pulau Lahumbo atau Pulau Paniki. Di keduanya terdapat ratusan ribu kelelawar sehingga menjadikan pulau itu nampak hitam jika dipandang dari kejauhan. Tempat yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Taman Laut Pulau Bitila di perbatasan Kabupaten Boalemo dan Kabupaten Pohuwato. Taman Laut lain yang ada di Kecamatan Paguat itu, memiliki keindahan terumbu karang dan beragam biota laut. Menurut penelitian para ahli pariwisata, keindahan Taman Laut Pulau Bitila dua kali lebih indah daripada keindahan Taman Laut Bunaken.


KULINER
Di sekitar pantai ini terdapat 6 buah restoran yang bisa Anda kunjungi yaitu Rumah Makan AZ yang menyediakan menu khas daging kambing seperti gulai, kari, sate dan lain-lainnya. Rumah Makan  Kairo  menyediakan masakan khas Timur Tengah, serta tiga restoran khususseafood lainya. Kuliner yang patut anda cicipi di sini adalah Ikan bakar yang bisa dinikmati bersama dabu-dabu, yaitu irisan bawang merah, cabai serta tomat yang direndam di minyak kelapa panas. Ada jagung pulut di Paguyaman dekat lokasi transmigrasi. Jagung ini memiliki tongkol yang lebih kecil dibandingkan dengan jagung biasa, namun rasanya sangat khas, lembut dan gurih, patut Anda cicipi.


TRANSORTASI
Dari kota Gorontalo Anda bisa menuju pantai ini dengan menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan sewaan. Tersedia angkutan umum dengan ongkos Rp25.000,00 per orang.


AKOMODASI
Tidak jauh dari Pantai Balihutuo, sekitar 3km menjelang kota Boalemo terdapat Hotel Pratama yang memiliki beberapa kamar ber-AC danHotel Indraloka yang berlantai dua dengan 20 kamar. Untuk pilihan yang lebih beragam, Anda bisa menginap di kota Gorontalo. Di sini Anda dapat menemukan akomodasi yang sesuai keuangan Anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar