Jumat, 03 April 2015

Pantai Melawai, Kalimantan Timur


Pantai Melawai berada di sepanjang Jalan Sudirman, Balikpapan, Kalimantan Timur. Balikpapan sendiri adalah daerah pengeboran minyak bumi pertama di Indonesia. Balikpapan merupakan kota yang menghadap timur, tepatnya menghadap selat Makassar. Dari posisi geografinya yang menghadap timur maka titik untuk melihat matahari terbenam berarti mungkin tidak ada. Tetapi, teorinya terbantahkan dengan posisi pantai Melawai yang sedikit berada di teluk kecil menjadikannya sebagai spot sunset terbaik di Balikpapan. 


Pantai ini adalah tujuan wisata favorit di pusat kota. Pantainya terletak di antara pelabuhan Semayang dan pantai Banua Patra. Daerah ini juga merupakan pusat makanan dan minuman di malam hari. Keunikan Pantai Melawai adalah saat petang akan banyak pengunjung duduk beralas tikar sambil menanti matahari terbenam dan menikmati pemandangan kapal-kapal yang sedang berlabuh, menurunkan muatan di Pelabuhan Semayang, atau berlayar di Teluk Balikpapan. Pantai Melawai memiliki pemandangan yang indah dengan jaraknya yang dekat dengan pusat kota, Balikpapan Center atau sekitar 5 menit ke arah selatan. Di sepanjang pesisir Pantai Melawai juga disediakan beberapa kafe yang siap melayani Anda berduduk santai.


BERBELANJA
Pantai Melawai terkenal sebagai pusat makanan ringan di Balikpapan pada malam hari. Tidak ada kerajinan tangan khusus yang bisa Anda beli di daerah ini, kecuali makanan ringan. Apabila Anda ingin mendapatkan beragam art shop khas daerah Balikpapan maka dapat mengunjungi Pasar Inpres, Shopping Centre, dan beberapa toko di sekitaran Jalan Ahmad Yani Balikpapan.


TRANSPORTASI
Kalimantan Timur merupakan sebuah provinsi yang unik. Ibu kotanya adalah Samarinda namun jalur masuknya adalah Balikpapan. Bandara utamanya adalah Sepinggan terletak di Jalan Marsma Iswahyudi. Pantai Melawai terletak di Jalan Sudirman. Lokasi pantai ini tidak sulit untuk ditemukan karena letaknya berada di jalan utama yang menuju ke berbagai wilayah di Balikpapan. Anda bisa menggunakan Angkutan Umum no 5 dan 6 yang melewati pantai Melawai. Pantai Melawai berada di pusat kota, tepatnya tidak begitu jauh dari komplek Pertamina dan Pelabuhan Balikpapan dan berada di pinggir salah satu jalan protokolnya Balikpapan.


KULINER
Pengunjung dapat menikmati berbagai jenis makanan dan minuman di Pantai Melawai, terutama di malam hari. Berbagai makanan khas Indonesia berjejer mengudang selera makan Anda, mulai dari pecel lele (lele goreng dengan saus kacang), pecel ayam (ayam goreng dengan saus kacang), sate ayam, bakso, mie goreng, nasi goreng dan lain-lain. Sedangkan untuk minuman, Anda bisa meneguk bandrek (minuman jahe panas), wedang jahe, wedang ronde (minuman jahe disajikan dengan kacang), dan bermacam-macam jus. Beberapa pedagang juga menjual makanan khas lokal seperti pisang Gapit.


KEGIATAN
Pantai Melawai adalah sebuah tempat yang menarik karena terletak di pusat kota dan dekat dengan Pelabuhan Semayang di Balikpapan. Selain menikmati keindahan pantai, pengunjung juga bisa melihat kegiatan bongkar muat di pelabuhan, menonton kapal bergerak masuk dan keluar, dan menikmati berbagai jenis makanan dan minuman di pantai di malam hari yang indah dan ditemani suara deburan ombak. Selama air surut, pengunjung bisa berjalan ke pulau Babi, yang terletak di tengah Pantai Melawai.


BERKELILING
Berjalan di sepanjang Pantai Melawai merupakan kenikmatan tersendiri, terutama saat matahari terbenam di tepian bumi. Rasakan dinginya pasir ketika Anda berjalan di sepanjang pesisir pantai. Ketika Anda mengunjungi pantai pada malam hari, Anda dapat menemukan berbagai jenis makanan dan minuman di sepanjang pantai. Di sepanjang pinggir pantainya akan Anda temukan cafe-cafe kecil yang menyediakan beragam kudapan dan minuman.


TIPS
Jika Anda ingin menikmati keindahan pantai yang hening, silahkan kunjungi Pantai Melawai pada sore hari karena masih relatif sepi. Tetapi jika Anda lebih ingin menikmati keramaian maka Anda bisa datang pada malam hari.

AKOMODASI
Anda akan menemukan berbagai jenis hotel di Jalan Sudirman, Balikpapan, baik itu hotel bintang maupun melati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar