Kamis, 12 Februari 2015

Pantai Parai Tenggiri, Bangka Belitung

Pantai Parai Tenggiri adalah salah satu objek wisata yang terletak di Kecamatan Sungai LiatKabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Tepatnya berada di Desa Sinar Baru yang kira-kira berjarak 30 kilometer di sebelahutara kota Pangkalpinang. Pantai ini memiliki kontur tanah yang landai dengan ombak yang relatif kecil. Pantai ini merupakan pantai andalan yang ada di kepulauan Bangka Belitung.


Pemandangan dan Fasilitas
Pantai Parai Tenggiri memiliki hamparan pasir putih yang masih bersih dan batu-batu granit yang alami. Batu-batu tersebut mempunyai ukuran yang cukup besar dan bersifat alami, sehingga makin menambah kesan eksotiknya pantai ini.
Kawasan pantai ini ditetapkan sebagai kawasan wisata hijau atau yang terkenal dengan sebutan Parai green resort. Hal ini disebabkan karena pengelola sangat memiliki kepedulian yang besar terhadap usaha penyelamatanlingkungan, yakni dengan cara mengurangi penggunaan bahan-bahan yang dapat mencemari wilayah pantai. Sebagai contohnya adalah mengurangi pemakaian plastik dan menanam banyak pohon di kawasan pantai. Pengelola di lokasi ini juga sangat memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan wisatawannya. Hal ini terlihat dari lingkungan pantai yang bersih dan tertata asri serta beberapa penjaga pantai yang memantau pengunjung yang berenang, agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan alamnya, namun juga melakukan rekreasi bahari lainnya yang menarik. Di pantai Parai Tenggiri ini, pengelola melayanipenyewaan perahu pancing lengkap dapat  dengan semua peralatannya bagi wisatawan yang hobi memancing. Selain itu, di sini juga para pengunjung dapat menikmati sensasi menantang yang ditawarkan oleh banana boat . serta bisa melakukan penyelaman untuk melihat terumbu karang di dalam laut yang berbatasan langsung dengan laut cinta selatan. 
Pantai Parai bisa dibilang sebagai pantai termahal dan tercantik di deretan timur Pulau Bangka. Kalau pengunjung bebas masuk kapan saja tanpa harus membayar di pantai Bangka pada umumnya, lain halnya dengan si cantik Parai. Sang primadona ini pantas disebut sebagai surga yang tersembunyi dari dunia. Tentu saja pantai ini tidak kalah indah dengan pantai-pantai yang berada di Pulau Belitung. Selain air lautnya yang bersih dan bening, pantai ini mempunyai gugusan batu karang berukuran besar dan membentuk formasi yang begitu indah jika disatukan dengan pohon-pohon kelapa serta pasirnya yang putih bersih.


Akomodasi
Perjalanan menuju ke Pantai Parai Tenggiri dapat ditempuh dengan waktu kira-kira 45 menit menggunakan motor dari Pelabuhan Pangkal Balam atau Bandara Depati Amir.[Selain itu, para pengunjung juga dapat menggunakan jenis kendaraan yang bisa disewa dari bandara tersebut. Adapun cara alternatif yang lain adalah menggunakanangkutan umum dari Pangkalpinang. Pengunjung dapat menggunakan angkot dengan jurusan Pinan- Sungai Liat. Kemudian perjalanan berlanjut dengan menggunakanbecak motor sampai ke kawasan pantai Parai Tenggiri.Para pengunjung tidak perlu khawatir karena pantai Parai Tenggiri sudah dilengkapi dengan penginapan dan hotel berbintang empat dan berbagai sarana hiburan.


Asal usul Pantai Parai Tenggiri
Bagi wisatawan yang pernah berkunjung ke Bangka, pantai Parai Tenggiri tentu sudah tak asing lagi. Apalagi dikalangan masyarakat Bangka. Kawasan ini bahkan dikenal luas sebagai ikon pariwisata Kab. Bangka. Namun demikian hingga sekarang tidak banyak orang yang tahu, asal-asul pantai Parai Tenggiri. Hal inilah kemudian yang membuat team dari perusahaan kami CV.Visit Babel, secara serius menulusurinya. Penulusuran ini kami lakukan dengan mewawancarai beberapa nara sumber secara langsung.
Nah, berikut hasil penulusan kami tentang asal-usul nama kawasan pantai Parai Tenggir, Bangka.
PANTAI Parai Tenggiri adalah pantai terindah yang terletak di Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka, Prov.Bangka Belitung. Dengan jarak tempuh lebih kurang 45 Menit dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang, pantai ini wajib anda kunjungi saat Anda berkunjung ke Pulau Bangka.
Banyak keindahan yang bisa dinikmati di pantai ini, karena selain memiliki panorama pantai yang cantik, laut yang jernih kebiruan, pasir yang putih nan lembut, disertai deburan ombak melambai-lambai. Di pantai ini juga terdapat pulau yang sangat eksotis, yaitu pulau batu atau biasa disebut dengan rock Island, yang dikelilingi oleh bebatuan granit unik dan besar dengan warna menggoda, batu yang besar berpariasi dan ombak kecil memantul indah di pantai dan bebatuan kecilnya.
Pantai ini dikelola oleh el-john lengkap dengan berbagai fasilitasi, aneka permainan, seperti banana boad, jet sky, dll serta kolam renang yang besar yang berada persis dipinggir pantai yang wajib anda coba.
Pantai ini dulunya dinamai dengan pantai “Hak Kok”. Namun pada kisaran tahun 1948-1949 pantai ini diganti atau diberi nama oleh Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno, dengan nama “Parai Tenggiri”.
Secara etimologis, kata-kata parai memang tidak ditemukan dalam kamus bahasa Indonesia. Bahkan tidak juga terdapat dalam kosa-kata bahasa daerah Bangka. Namun sebagaimana yang dituturkan oleh CEO El-John Group, Johnnie Sugianto, parai yang dimaksudkan oleh Soekarno adalah berarti “Surga”. Dari istilah mana pastinya istilah ini belum pernah ditemukan.
Sementara Tenggiri itu diambil dari kata-kata Ikan Tenggiri, karena ketika Ir. Soekarno di asingkan di Pulau Bangka, Ir. Soekarno berserta para rombongan sering bersantai dan berdiskusi di pantai ini sembari membakar Ikan Tenggiri (ikan terbaik dan ternikmat di pulau Bangka) sebagai menu utama makanannya.
Singkat cerita menurut Johnnie Sugianto, nama “Parai Tenggiri” diberikan oleh Presiden Pertama Indonesia, Ir. Soekarno dengan makna “Surganya panorama Pantai dan surganya Ikan Tenggiri”.
Dulu Pantai Parai Tenggiri sebanarnya dimiliki oleh bapak Ishak dan keluarganya seluas 18,5 Hektar. Sampai sekarang beliau masih hidup dan bertempat tinggal tidak jauh dari pantai parai. Namun, pada tahun 1988 kawasan ini dibeli oleh Johnnie Sugianto seharga 50.000.000. Menariknya, Bos El-John ini rela menjual hotelnya di Batam, waktu itu demi membeli kawasan pantai ini. Dengan penuh keyakinan, kelak pantai ini akan menjadi pantai terbaik dan terindah yang selalu ramai di pulau Bangka.
Keyakinan Pak Johnnie, kini terbukti, dengan pengelolaan yang baik dan pelayanan yang istimewa, serta pasilitas hotel (resort) berbintang 4 (empat) dengan bentuk cottage pantai Parai Tenggiri berhasil  menjadi Icon keindahan pantai-pantai yang ada di Pulau Bangka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar